Minggu, 18 April 2010

PENGANTAR CYBERPRENEURSHIP

PENGANTAR CYBERPRENEURSHIP

Definisi Cyberpreneur atau biasa juga disebut sebagai Infopreneur adalah orang yang bisnis utamanya adalah berbagi dan menjual informasi elektronik. misalnya :

(1) Membuat blog / website.

(2) Memasarkan produk sendiri / orang lain.

Infopreneur Berasal dari kata “information” dan “enterpreneur”.

Bisa juga disebut sebagai seorang enterpreneur yang menghasilkan uang dengan cara menjual informasi melalui internet.

Istilah infopreneur sekarang ini dipergunakan di internet sekitar 177000 sedangkan cyberpreneur hanya 3440.

Profesi ini sudah ada sebelum internet berkembang pesat. Biasanya mereka menjual informasi melalui audio cd, cd rom, video, talk show, conference.

Dengan adanya internet, mereka bisa menjual informasi melalui internet. Karena pangsa pasar yang lebih luas, selain internet juga bisa diakses dari seluruh dunia.

Dalam menjual informasi melalui internet, Seorang Infopreneur biasanya memerlukan sebuah media yang bisa dipakai untuk memperkenalkan bisnis yang mereka geluti, biasanya melalui Website dan blog. Website dan Blog bisa dipakai untuk menyajikan informasi yang berguna, dapat memasarkan produk. Selain itu Website dan blog juga dapat digunakan untuk mencari suatu informasi lainnya yang dengan adanya fasilitas “Search Engine” yang bisa dengan mudah digunakan oleh para pengguna internet.

Dalam membuat Website atau Blog yang digunakan sebagai sarana untuk memberikan informasi atau menjual suatu produk, ada sebuah rumus yang harus diperhatikan. Website atau Blog harus terdiri dari : Content – Traffic – Presell – Monetize

CONTENT

Biasanya Website berisi tentang katalog, online store dan lelang blog. Selain itu juga bertujuan untuk memberikan kemudahan informasi, baik itu menyediakan berita, layanan sms, layanan diskusi, layanan direktori atau hal umum yang di inginkan oleh orang lain.

Selain itu Website atau Blog juga mengembangkan ruang iklan dengan skrip yang sudah ada. Dan juga menyediakan ruang untuk layanan iklan baris.

TRAFFIC

Biasanya terdiri dari layanan “Search Engine”. Kadang juga digunakan untuk memasang iklan atau adword yang tepat dengan menggunakan Google Adword agar bisa mendapatkan pengunjung yang banyak. Agar terlihat lebih menarik biasanya menggunakan banner yang berubah-ubah agar tidak membuat bosan para pengunjung web atau blog.

Bisa juga dipasang affliate program agar dapat menarik minat para pengunjung agar dapat kembali lagi di kemudian hari.

Sebuah Wesbite dapat dikatakan berhasil apabila dalam 1 hari sebuah web bisa di kunjungi oleh <>

Seperti ada pepatah yang mengatakan “banyak jalan menuju Roma”.

Tapi apakah membangun Roma cukup memerlukan 1 malam ??.

PRESELL

Biasanya Presell dapat berisi tentang saran atau rekomendasi dari suatu produk. Digunakan pada website dengan type Blogs, Reviews, Comparation. Kadang kala dituliskan juga dalam bahasa yang berbeda, misalnya bahasa Inggris.

MONETIZE

Berisi layanan untuk beriklan, seperti Adsense, Amazon, Genbucks, Shareasale, etc.


PEMANFAATAN TELEMATIKA

¨ Telematika sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, bahkan menjadi komoditas industri, bisnis informasi, media dan telekomunikasi

¨ Perubahan (kemajuan ) dalam teknologi telematika telah mentransformasikan pola ekonomi, pola hidup dan cara melakukan bisnis secara signifikan

¨ Pemanfaatan internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi bisnis dan memberikan kemudahan dalam melakukan diversifikasi kebutuhan

¨ Pemanfaatan internet dalam e-Government juga telah terbukti dapat meningkatkan kinerja pemerintah didalam penyediaan informasi dan penyelenggaraan layanan kepemerintahan kepada masyarakat dan kalangan bisnis

¨ Pemanfaatan internet dalam e-Health, e-Education, dan lain-lain secara nyata telah memberikan nilai tambah bagi masyarakat

¨ Pengaruh lebih jauh perkembangan telematika berimplikasi pada transformasi pola ekonomi yang semula berorientasi pada “Supplier” kearah “Konsumen”.

¨ Konsumen secara mudah dapat melakukan pencarian dan perbandingan untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi dan dengan harga kompetitif

¨ Perkembangan telematika juga mempengaruhi pola dan fungsi pemerintah, dari semula bersifat memiliki, mengembangkan dan mengoperasikan industri, berubah menjadi penentu kebijakan, pemberi regulasi, pemantau dan pendorong perkembangan sektor industri

PERAN TELEMATIKA

I. Sebagai bidang usaha

(Telematika menjadi core bisnis)

a. Industri

b. Perdagangan

c. Jasa

II. Sebagai penunjang usaha

(Telematika sebagai enabler) :

a. Efisiensi

b. Peningkatan daya saing

Kiat Berhasil dalam melakukan kegiatan usaha :

- Siap bersaing secara ketat

- Siap melakukan inovasi secara terus menerus

- Mampu beradaptasi secara cepat terhadap perubahan

- Memiliki SDM dengan pengetahuan dan ketrampilan khusus sesuai dengan bidang usaha

0 komentar:

Posting Komentar