Kamis, 02 Desember 2010

Memory Virtual | pagefile.sys

Pagefile.sys adalah file yang digunakan oleh windows untuk membuat virtual memory (memory yang di dapatkan dari memanfaatkan ruang kosong di harddisk).

Kenapa windows harus membuat virtual memory?

Karena setiap aplikasi selalu membutuhkan memory misal:

Jika anda memasang RAM 128 MB, untuk menjalankan Windows saja membutuhkan 100 Mb(misalkan) , kemudian anda menjalankan aplikasi multimedia yang membutuhkan yang akan berjalan bersamaan dengan sistem operasi. Kemudian anda menjalankan lagi aplikasi office yang tentu saja tetap membutuhkan memory, maka pertanyaannya dapat memory dari mana? Disinilah Virtual memory bekerja yaitu menyediakan kebutuhan memory dengan memanfaatkan ruang partisi yang tersisa. Sehingga secara teori jika partisi sisa yang tersedia adalah 2 Gb berarti virtual memroy bisa sampai 2 Gb juga! dan itu cukup untuk menjalankan aplikasi lain secara bersamaan icon idea Virtual Memory|Pagefile.sys.

Sayangnya dalam praktek tidak semanis teori, karena kecepatan READ/WRITE di harddisk yang tidak secepat RAM mengakibatkan Sistem operasi mengalami penurunan yang signifikan icon mad Virtual Memory|Pagefile.sys.

Saran.

Jika anda termasuk pengguna mainboard DDR2 maka saran saya belilah memory, dengan 100 ribu-an anda sudah bisa mendapatkan 512MB icon biggrin Virtual Memory|Pagefile.sys kemudian matikan fungsi virtual memory karena meskipun persediaan memory fisik melimpah ternyata windows tetap saja menggunakan VMicon evil Virtual Memory|Pagefile.sys ( diketahui setelah menggunakan system monitor milinya GooGle Desktop). Langkah-langkahnya menonaktifkan adalah sbb:

  1. Start Menu – Control Panel – System
    D:\My Documents\DokterKita\Temp\systemProperties Virtual Memory|Pagefile.sys
  2. Klik tombol Setting pada bagian performance
    D:\My Documents\DokterKita\Temp\performanceoption Virtual Memory|Pagefile.sys
    klik tombol Change
  3. D:\My Documents\DokterKita\Temp\virtualmemory Virtual Memory|Pagefile.sysKlik drive , kemudian pilih no paging file, klik tombol set

Klik OK-OK-OK

Perhatian :

Teknik diatas aman dengan minimal Memory 768 MB dan hanya menggunakan aplikasi non-game dan non software development.

Namun demkian bila anda masih membutuhkan Virtual memory maka, solusi berikutnya adalh dengan membagi virtual memory ke partisi-partisi lain selain C:, kemudian set Initial Size : sejumlah 1/2 Memory phsik anda dan Maximum Size 1/2 kali besar memory phisik untuk masing – masig pertisi D dan E.

0 komentar:

Posting Komentar